Alur Pikiran Programmer

Bayak para programmer pemula, termasuk saya juga sih..yang terlalu fokus pada teori yang diberikan dosen di kelas. Kalua buat program itu harus gini, gini, gini dan gini.. Semua terikat dengan banyak aturan yang memang perlu digunakan. Tetapi disisi lain kita juga dituntut untuk dapat selalu bisa memenuhi permintaan client kita apabila kita mengerjakan program yang telah dipesan oleh client. Tetapi beda halnya ketika kita membuat program yang akan kita j ual secara bebas di internet ataupun kepada teman-teman kita, kita harus menentukan sendiri fasilitas apa saja yang akan kita usung, dan kira-kira fasilitas itu penting atau tidak.

Berikut saya akan mencoba berbagi saran kepada semua kalangan pemula bahwa alur pikiran programming itu mengasyikan. Berikut saya berikan cara memprogram yang paling cepat :

Letakkan sudut pandang pikiran anda sebagai programmer
  1. Tentukan dulu apa tema program kita, apakah tentang koperasi, sekolah, penjualan, pembelian, POS, atau perpustakaan atau lainnnya.
  2. Buat interface program, rancangan form, model tombol yang digunakan, termasuk penggunaan tombol dan.komponen yang diperlukan.
Campurkan sudut pandang pikiran anda sebagai Admin Perusahaan, Programmer dan Desainer.
Ini merupakan cara yang cukup rumit. Sederhana saja, misal kita membuat program absensi, maka kita harus bisa berpikir sebagai pimpinan perusahaan yang akan menggunakan program kita, data apa saja yang diperlukan, dan desain seperti apa yang tidak membingungkan user, serta laporan apa saja yang akan kita butuhkan.
Kembalikan pikiran anda sebagai programmer untuk merancang database yang dibutuhkan untuk menyimpan data-data yang diperlukan.


Teruslah berpikir sebagai programmer untuk melakukan coding pada program yang kita buat agar dapat menampilkan laporan atau report seperti yang kita butuhkan pimpinan.


Setalah program jadi, maka anda harus mengganti sudut pandang anda sebagai user, dan cek lah apakah program anda bebas dari bug dengan pura-pura tidak mengetahui fungsi-fungsi dari komponen program (padahal kita sendiri yang buat..hehehehe)
Apabila masih ditemukan bug maka segeralah anda memperbaikinya sebagai programmer, setelah itu kembalilah menjadi user untuk testing program..itu akan meminimalkan resiko error pada program kita.

Terakhir compile program anda dan suruh teman anda yang benar-benar tidak tahu untuk mengeceknya, dan mintalah kritik dan saran dari teman anda tadi.

Dengan melakukan langkah-langkah demikian diharapkan kita dapat selalu belajar hal baru dalam setiap karya kita dan kita akan dapat meningkatkan kualitas karya-karya kita selanjutnya..

Maaf kalau masih banyak kekurangan..Terimakasih sudah berkunjung..
Alur Pikiran Programmer Alur Pikiran Programmer Reviewed by Saddam Rajief on 7/08/2011 08:10:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Komentar anda adalah kemajuan kami, jadi jangan cuma baca saja ya..

Diberdayakan oleh Blogger.